Mahasiswa dan Masyarakat :)

Posted by Unknown on 11:00 PM with No comments


Mahasiswa Pilar Menuju Bangsa Yang Besar
Oleh Sardianto (05121007125)

Sudah sejak lama tujuan dan cita-cita bangsa tertera dan ditulis dengan jelas  dipembukaan UUD 1945 tepatnya pada alenia ke-empat. Itu sudah menjadi satu bukti bahwa Indonesia itu negara yang mempunyai landasan, landasan untuk menciptakan suatu bangsa yang besar, suatu bangsa yang mempunyai tujuan yang jelas. Pertanyaannya adalah kapan tujuan itu akan tercipta? Mungkinkah tujuan itu hanya bualan semata di masa pembuatannya? Tentu tidak. Semua tujuan yang ada harus diwujudkan dan dihadirkan di tengah bangsa Indonesia. Perjuangan pahlawan bangsa belum selesai hanya karena kita sudah merdeka, namun perjuangan harus terus berlanjut di masa kini dan masa depan demi terwujudnya tujuan awal bangsa Indonesia. Inilah tantangan kita sebagai mahasiswa, menjaga dan mewujudkan tujuan bangsa yang sudah termaktub dalam pembukaan UUD 1945.
Bangsa yang besar merupakan bangsa yang mandiri, berkeadilan, berkesejahteraan, dipimpin dan memipin orang-orang yang berbudi pekerti luhur. Bisakah Indonesia dikatakan bangsa yang besar jika semua lapisan masyarakat dengan mudah dan bangganya korupsi? Pendidikan yang belum merata dan terpelihara? Kesamaan akan hak belum terwujud? Masalah telihat ganda disemua lapisan dimasyarakat? Tentu tidak!. Indonesia harus dibenahi untuk bisa bertitle bangsa yang besar, masih bisahkah bangsa indonesia ini dibenahi? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.
Untuk menciptakan bangsa yang besar tentunya tidaklah mudah, dalam perjalaan penciptaannya tentu harus menjawab dan mengatasi masalah sebagai tantangan terwujudnya tujuan bangsa. Itu semua melibatkan semua lapisan masyarakat, disinilah fungsi kita sebagai mahasiswa. Sebagai bagian dari masyarakat, mahasiswa hanya satu-satunya subjek  yang mempunyai pilar penuh untuk membenahi bangsa ini. Akses kita sebagai mahasiswa itu sangat penuh dan luas, mahasiswa mampu menjadi subjek maupun objek dalam menjawab tantangan bangsa. Sebagai objek tentunya mahasiswa dapat menjadi batu loncatan sebagai penampung aspirasi masyarakat akan kegundahan dalam mengatasi masalah sosialnya. Masyarakat tentunya memiliki kepercayaan tinggi pada mahasiswa yang penuh dengan segudang cara penyampaian dan penyelesaian masalah. Sebagai mahasiwa pun sudah selayaknya kita peka terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, sudah selayaknya kita mengetahui kronologi setiap masalah disekitar kita.
Sebagai objek, disinilah peran penuh mahasiswa, mahasiswa yang sejak dulu mengikrarkan sumpah untuk menjadi “agent of change” sudah sepatutnya mampu mewujudkan dan memegang kata-kata itu. Mahasiswa harus pandai mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat, hanya satu yang diinginkan masyarakat yaitu sebuah perubahan ke arah yang lebih baik lagi meskipun itu hanya perubahan yang kecil. Subjek dalam artian ini adalah mahasiswa sebagai penggerak gerakan pembenahan atas kekacauan politik, ekonomi dan sosial disemua lapisan masyarakat, fokusnya ditubuh pemerintahan. Tuntutan masyarakat akan perubahan dan pembenahan menuju bangsa yang besar harus diwujudkan secepat mungkin dari garis start title kita sebagai mahasiswa. Sebuah produk yang baik mungkin hanya akan diraih dengan proses yang baik pula, dan itu sangat mudah dilakukan oleh seorang mahasiswa yang berlandaskan pilar perwujudan bangsa yang baik dan bukan pada sosok pemerintahan kita saat ini.
Besar harapan dari masyarakat kepada mahasiswa untuk dapat menjawab kegelisahan disemua lapisan mayarakat akan problematika dalam bangsa yang besar ini. Sebagai mahasiswa yang pastinya memiliki kearifan tersendiri tentunya harus peka dengan kondisi sosial masyarakat dan segera melakukan tindakan sebagai reaksi atas aksi yang ditimbulkan oleh pemerintah yang menyimpang dari tujuan bangsa semula. Bersama masyarakat, mahasiswa mampu menjadi penggerak pembenahan bangsa yang lebih baik lagi, hanya dengan terjadinya  hubungan sinergis tersebut diharapkan mahasiswa bersama masyarakat mampu menciptakan tujuan bangsa Indonesia. Masuk dan selamilah kehidupan sosial masyarakat, disana akan anda temukan solusi untuk maju digaris terdepan demi Indonesia yang Madani.

#Notes for u Guys :)
Anda Mahasiswa ?, jika iya, Ayo pancarkan pilar anda untuk Indonesia yang lebih baik lagi !
Categories: ,